Sering Disamakan, Ini Perbedaan Cappuccino dan Latte

Sering Disamakan, Ini Perbedaan Cappuccino dan Latte

Cappuccino dan latte adalah minuman yang sering kita temui di cafe, kedua minuman ini sama-sama terbuat dari dua komposisi utama yaitu textured milk dan espresso. Namun, banyak dari kita yang belum mengetahui apa beda dari kedua minuman ini. Yuk, cari tahu perbedaannya.

cappuccino

Perbedaan kedua minuman ini terletak pada bagaimana masing-masing minuman ini dibuat dan disajikan. Selain itu, perbedaan di antara keduanya juga terletak pada perbandingan kedua bahan utama untuk membuatnya. Banyak sedikitnya bahan utama yang digunakan untuk pembuatan kedua minuman ini akan mempengaruhi rasa minuman yang disajikan.

cappuccino adalah minuman khas Italia yang juga populer di Indonesia, minuman ini terkenal dengan lapisan atasnya yang berupa froth susu dan biasanya di-garnish dengan bubuk coklat. Minuman ini sering disamakan dengan latte, padahal keduanya adalah minuman yang memiliki rasa berbeda.

Minuman ini dibuat dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 susu cair dan 1/3 busa susu. Minuman ini bisa dikenali dengan cara mencoba dan merasakan apakah foam yang agak tegas dan bold saat pertama kali diteguk. cappuccino memiliki rasa kopi yang lebih pekat dan enak namun minuman ini juga memiliki rasa susu yang kuat setelahnya.

Latte

Latte adalah minuman kopi yang cenderung milky. Minuman ini sangat populer di Amerika Utara dan Eropa. Latte biasanya disukai oleh para anak muda dan peminum kopi yang masih pemula, namun tak jarang para pria berumur juga menikmati minuman satu ini.

Minuman ini merupakan kombinasi susu dan espresso yang telah dihangatkan dengan cara dikukus dengan uap air. Kunci dalam kesuksesan membuat minuman ini adalah proses steaming susunya. Steaming susu dalam pembuatan latte berfungsi untuk menghasilkan micro foam.

Berbeda dengan cappuccino, dalam pembuatannya latte memiliki perbandingan 1 berbanding 2 antara espresso dan susu. Kedua campuran bahan utama tersebut akan membuat latte mempunyai rasa kopi yang lebih ringan daripada rasa kopi pada capppuccino.

Jika Anda ingin menikmati secangkir cappuccino atau latte di rumah namun Anda tidak memiliki mesin espresso, tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kedua minuman ini di rumah tanpa mesin espresso.

Pertama, buatlah espresso terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alat seperti handpresso, rokpresso atau minipresso. Alat-alat ini mampu menghasilkan kualitas espresso yang hampir sama dengan mesin espresso.

Jika espresso sudah siap, giliran Anda membuat steamed dan foam susu. Pertama masukan susu ke dalam toples tahan panas dan tutup rapat, Anda bisa menggunakan susu non fat. Kocok susu sampai berbusa, kira-kira sampai satu menit.

Lalu, masukan toples yang berisi susu ke dalam microwave, diamkan selama 30 detik maka susu akan membentuk foam dengan sendirinya. Jika semua bahan sudah siap, masukan espresso yang tadi sudah dibuat dan tuangkan susu yang sudah berbentuk foam tadi, latte dan cappuccino siap dihidangkan.

Itulah perbedaan cappuccino dan latte yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan memilih minuman tersebut. Meskipun keduanya memiliki rasa yang hampir sama, namun saat mengonsuminya Anda akan menemukan kenikmatan berbeda dari keduanya.

admin

Related Posts

4 Varian Sarapan Pagi Buat Anak Berbahan Sayur

4 Varian Sarapan Pagi Buat Anak Berbahan Sayur

6 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Ingat

6 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Persiapan Melahirkan Normal dengan Latihan Mudah Ini

Persiapan Melahirkan Normal dengan Latihan Mudah Ini

Pro Plan Wet, Makanan Kucing Terbaik agar Kucing Tetap Sehat

Pro Plan Wet, Makanan Kucing Terbaik agar Kucing Tetap Sehat

Artikel Terbaru